RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Mencegah Panas Dalam

27 April 2017

PANAS DALAM

Dalam dunia kesehatan, sebenarnya tidak ada istilah panas dalam. Istilah ini menjadi populer karena kerap digunakan kalangan masyarakat untuk menunjukkan kondisi badan yang tidak fit dan disertai gejala seperti bibir pecah,sariawan, plus radang tenggorokan.

GEJALA PANAS DALAM

@sariawan,

@bibir pecah-pecah,

@sakit gigi,

 @badan pegal,

@sakit tenggorokan,

@diare,

@badan terasa mengeluarkan panas,

@sensasi terbakar di dada,

@mimisan,

@hingga buang air besar disertai darah

Disarankan Anda yang mengalami panas dalam Jika dalam beberapa hari tidak hilang atau reda tapi terus berulang, ada baiknya segera ke dokter. 

pemicu Panas Dalam

Pemicu panas dalam yang paling umum adalah :

- Mengkonsumsi daging terlalu banyak.
- Makan terlalu cepat.
- Coklat, bawang merah dan bawang putih atau pepermint.
- Merokok setelah makan.
- Kopi (kopi biasa atau non kafein).
- Minuman beralkohol.

MENGOBATI PANAS DALAM DALAM

Berikut ini cara sederhana mengobati terjadinya panas dalam:

@Meminum air secukupnya

@Memakan sayuran

@Mengkonsumsi suplemen Vitamin C

@Mengindari makanan panas untuk sementara waktu

 

MENCEGAH PANAS DALAM

Berikut ini cara sederhana mencegah terjadinya panas dalam:

@Jaga berat badan Anda

 Mereka yang tubuhnya terlalu gemuk (atau pada wanita yang sedang hamil), perut bagian atas mendesak ke atas melewati diafragma.

@Kurangi konsumsi daging.

@Perhatikan jam makan.

Hindari telat makan

Hal ini berlaku terutama bagi orang yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada. Ini yang menyebabkan banyak orang merasa terkena panas dalam.

 

@Perhatikan makanan terlalu panas atau dingin.

Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa mengganggu sistem pencernaan. Sistem pencernaan manusia bekerja pada batas suhu tertentu. Panas makanan yang berlebih dapat mengganggu lapisan lendir yang melapisi saluran pencernaan. Makanan yang terlalu dingin juga akan membuat sistem pencernaan mengerut, sehingga mempersulit proses pencernaan.

@Perhatikan menu makanan.

Makanan yang panas dan digoreng seringkali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Peradangan tersebut akan menyebabkan munculnya gejala panas dalam. Terlalu banyak minyak dalam makanan juga tidak baik untuk pencernaan dan tenggorokan.

@Olahraga secara rutin.

Gejala panas dalam bisa muncul karena kelelahan. Dengan berolahraga, kondisi tubuh bisa dilatih dan terjaga lebih baik. Daya tahan atau stamina pun akan meningkat, sehingga tidak mudah terkena panas dalam ketika kondisi tubuh terlalu lelah.

@Kelola stres.

Saat ini banyak orang yang mengeluh terkena panas dalam akibat stres. Stres dapat menurunkan daya tahan tubuh, juga mengacaukan jam makan dan hormon tubuh. (diolah dari berbagai sumber)orang karena tiap individu memiliki situasi dan kondisi tubuh yang berbeda

@ Tidur yang cukup dan teratur

Dengan menjaga pola tidur yang cukup dan teratur, akan menjaga stabilitas dan stamina tubuh agar tetap fit. Dengan kondisi tubuh yang prima, maka tubuh tidak mudah terserang penyakit