RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Penyakit Yang Sering Menyerang Anak

09 March 2019

Dibandingkan dengan orang dewasa, anak lebih rentan terhadap panyakit. Sakit pada anak dianggap wajar karena sistem imun mereka belum berkembang sempurna, sehingga rentan terinfeksi virus dan bakteri. Diperlukan pengetahuan terhadap penyakit-penyakit yang biasa menghinggapi anak, agar Anda sebagai orangtua dapat bertindak cepat dan tepat dalam menghadapi kondisi tersebut.

Beberapa penyakit mungkin dianggap ringan dan biasa, namun Anda patut waspada karena penyakit ringan pada orang dewasa dapat menyebabkan dampak yang berbahaya pada anak. Penyakit apa sajakah yang sering menyerang anak? Berikut adalah tiga diantaranya:

  1. DIARE
    Diare bukanlah penyakit tetapi gejala dari penyakit tertentu. Virus yang biasa disebut rotavirus seringkali menjadi penyebab paling umum diare.Penyebab lainnya adalah infeksi bakteri, efek samping antibiotik, dan keracunan.

  2. DEMAM BERDARAH (DBD)
    DBD adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk. Demam berdarah DBD dulu disebut penyakit “break-bone” karena kadang menyebabkan nyeri sendi dan otot di mana tulang terasa retak.

  3. PNEUMONIA (RADANG PARU-PARU)
    Pneumonia adalah kondisi di mana paru-paru mengalami infeksi, sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru meradang dan membengkak. Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal seperti jamur, bakteri, dan virus. Namun sebagian besar kasus pneumonia umumnya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada paru-paru.

Itulah tiga penyakit yang saat ini sering menyerang anak. Kalau anak Anda memiliki keluhan sakit, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter-dokter kami di RS Melania Bogor.