RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Mengenal Penyakit Jantung dan Jenis-jenisnya

19 March 2019

Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang menyebabkan kondisi jantung tidak dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Penyakit jantung merupakan  sebuah penyakit yang menggangu sistem pembuluh darah atau yang menyerang jantung dan urat-urat atau pembuluh darah.

Terdapat berbagai macam gangguan dan penyakit yang dapat mempengaruhi bagian manapun dari jantung. Namun, penyakit jantung yang paling umum adalah jantung koroner yang dapat menyebabkan serangan jantung hingga terjadi kematian mendadak pada seseorang. Di Indonesia, penyakit jantung menempati ranking pertama di antara jajaran penyakit yang mematikan.

Banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung, berikut beberapa diantaranya:

  • ARITMIA (irama jantung tidak normal/abnormal heart rhythms)
    Normalnya jantung berdetak 60-100 kali setiap menit (atau sekitar 100 ribu kali setiap harinya). Jantung yang bedetak tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dengan dysrhythmia).

    Jantung yang berdetak terlalu lambat (dibawah 60 kali per menit) disebut bradyarrhythmias. Sedangkan jantung yang berdetak di atas 100 per menit disebut dengan tachyarrhytmias. Penyebab aritmia antara lain mengonsumsi obat-obatan dan alkohol berlebihan, kadar hormon tiroid berlebihan, tingkat oksigen darah rendah, stress, dan merokok.

  • GAGAL JANTUNG (heart failure)
    Gagal jantung merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan. Bukan berarti jantung tidak dapat bekerja sama sekali, hanya saja jantung tidak berdetak sebagaimana mestinya.

  • RADANG JANTUNG (pericarditis)
    Radang jantung adalah radang yang mengelilingi lapisan jantung. Kondisi ini jarang terjadi dan biasanya disebabkan oleh infeksi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kerentanan terhadap penyakit jantung. Faktor utama adalah gaya hidup yang menyebabkan seolah-olah kita membangun penyakit tersebut di dalam tubuh. Tapi ada beberapa faktor yang memang tidak dapat diubah, seperti bertambahnya umur dan juga faktor keturunan.

  • JANTUNG KORONER (jantung bawaan/coronary heart)
    Penyakit Jantung Koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner) dan hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti perkapuran, pembekuan darah, dan lainnya yang mana kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut.