RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Menyiapkan Mental Calon Ibu Melalui Pelayanan Kasih

15 April 2021

Menjelang melahirkan anak pertama, baik secara Operasi sesar atau bedah sesar disebut juga dengan seksio sesarea (disingkat sc) maupun normal, seorang Ibu pastinya akan sangat bahagia untuk menyambut kelahiran anak tercinta. Namun diantara kebahagiaan tersebut, mengintai ancaman yang sangat besar, yakni mengenai kesehatan mental Ibu pasca melahirkan. Gangguan psikologis diantaranya sedih, cemas, dan juga emosi. Kondisi ini dialami hampir 50-80% wanita di kehamilan pertama.

 

 

      Terkait dengan kesehatan mental Ibu pasca melahirkan baik normal maupun operasi sesar, berikut ini beberapa gangguan kesehatan mental yang mungkin dialami oleh ibu pasca melahirkan :

 

  1. Depresi Postpartum.

Kondisi ini sering disebut juga dengan depresi klinis yang terjadi pasca melahirkan. Salah satu efek negatif dari depresi ini adalah Depresi ini mengganggu kemampuan ibu untuk merawat bayinya

  1. Psikosis Pasca Melahirkan

Gangguan jenis ini merupakan yang paling serius. Biasanya penderitanya akan mengalami delusi, halusinasi dengan mendengar hal-hal yang tidak ada. Terkait dengan gangguan mood seperti depresi dan bipolar.

            Karena itulah sangat penting pengetahuan kesehatan mental bagi Ibu hamil dalam menyambut kelahiran sang buah hati. Calon Ibu akan merasa lebih siap dalam menghadapi keadaan pasca melahirkan apabila mereka mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi terkait kesehatan mental. Calon Ibu harus mampu mengukur emosi dan apabila harus mengambil keputusan, ia juga harus menyeimbangkannya dengan logika.

            Dalam tahap persiapan inilah RS Melania Bogor hadir melalui pelayanan kasih kepada para pasiennya yang merupakan calon Ibu baru. Dokter dan segenap tim RS Melania Bogor akan memberikan pelayanan yang terbaik tanpa membedakan satu sama lain. Di RS Melania Bogor, pemeriksaan dokter tidak hanya seputar perkembangan janin, namun Dokter juga dengan sabar memberikan pelayanan kasih dalam bentuk penjelasan atau gambaran persiapan mental yang harus disiapkan oleh ibu menjelang kelahiran sang buah hati.

Periksakan kesehatan kandungan Anda hanya di Rumah Sakit Melania Bogor. 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi : 0251 – 8321196 dan Kunjungi halaman berikut ini