RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Akreditasi Rumah Sakit menjamin Kualitas Layanan

15 April 2021

Dari hari ke hari, momok rumah sakit sebagai suatu tempat yang menakutkan dan tidak nyaman bagi sebagain besar masyarakat mulai beralih ke arah yang lebih positif. yang dimaksud dengan arah positif adalah dimana Rumah Sakit mulai merapikan diri agar dapat memberikan pelayanan dan fasilitas penunjang terbaik, sehingga nyaman bagi pasien atau keluarga pasien yang berkunjung.

            Dengan target tersebut, pastinya dibutuhkan standarisasi tertentu dan hal ini akan membantu calon pasien dalam memilah rumah sakit untuk tempat pelayanannya. Dengan kesadaran permintaan dari klien terkait dengan kualitas layanan rumah sakit, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mewajibkan dilaksanakannya akreditasi rumah sakit dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit di Indonesia. 

            Akreditasi rumah sakit ini memiliki tiga tahapan dalam yaitu akreditasi tingkat dasar, akreditasi tingkat lanjut serta akreditasi tingkat lengkap. Masing-masing tahapan akan menilai beberapa kegiatan dan fasilitas di rumah sakit. Secara keseluruhan, Akreditasi Rumah Sakit akan menilai Administrasi dan Manajemen, Pelayanan Medis, Pelayanan Keperawatan, Pelayanan Gawat Darurat dan Rekam Medik, Farmasi, Radiologi, Kamar Operasi, Pengendalian Infeksi, Pelayanan Resiko Tinggi, Laboratorium serta Keselamatan Kerja, Kebakaran dan Kewaspadaan Bencana (K-3), Pelayanan Intensif, Pelayanan Tranfusi Darah, Pelayanan Rehabilitasi Medik dan Pelayanan Gizi.

            Dengan status akreditasi ini, pasien boleh merasa terjamin dengan pelayanan yang akan diberikan sudah sesuai standar dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Bagi warga Kota Bogor dan sekitarnya, beberapa rumah sakit kota Bogor telah terakreditasi KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit), sehingga pasien atau warga masyarakat Kota Bogor dapat lebih nyaman berobat atau terapi ke rumah sakit. Salah satu rumah sakit di Kota Bogor yang telah Terakreditasi Paripurna KARS adalah Rumah Sakit Umum Melania Bogor. Dengan penerapan versi terbaru, dimana akreditasi ini berfokus pada pasien dan keluarga pasien, Rumah Sakit Umum Melania berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik yakni pelayanan penuh kasih baik kepada pasien maupun keluarga pasien.

            Sebagai implementasi Akreditasi Paripurna KARS,  Rumah Sakit Umum Melania Bogor berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan  dengan berorientasi pada keselamatan pasien terutama di masa pandemi Covid 19 ini, salah satunya dengan pelayanan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar tercipta pelayanan yang aman dan nyaman baik bagi pasien maupun pihak keluarga pasien.

Percayakan konsultasi kesehatan Anda hanya di Rumah Sakit Melania Bogor.