RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




6 Kondisi Si Kecil Membutuhkan Terapi Wicara

22 September 2021

Kemampuan komunikasi si kecil akan berkembang secara bertahap. Sejak dari kandungan seorang bayi sudah mulai belajar tentang komunikasi. Ketika ia baru lahir, nangis merupakan salah satu bentuk komunikasinya.

                Seiring berjalannya waktu, kemampuan komunikasi ini terus berkembang dan tak jarang seorang anak mengalami gangguan bicara. Gangguan bicara terjadi pada saat terjadi masalah pada produksi suara yang dikeluarkan. Hal tersebut mengacu pada masalah dalam memahami atau menyatukan kata-kata yang berguna untuk mengkomunikasikan atau menyampaikan ide yang tertanam di kepala si anak.

Berikut ini gangguan pada perkembangan komunikasi dimana Si kecil kita membutuhkan Terapi Wicara :

  1. Gangguan artikulasi. Gangguan ini dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan untuk menghasilkan suara dalam suku kata atau mengatakan kata-kata secara tidak benar, sehingga pendengar tidak dapat memahami apa yang dikatakan.
  2. Gangguan kelancaran. Misalnya gagap, yaitu ketika aliran bicara terganggu oleh penghentian abnormal, pengulangan kata-kata parsial ("m-m-makan"), atau memperpanjang suara dan suku kata yang ingin diucapkan (mmmmotor).
  3. Resonansi atau gangguan suara. Gangguan ini terjadi karena terdapat masalah dengan nada, volume, atau kualitas suara yang mengalihkan perhatian pendengar dari apa yang dikatakan. Gangguan jenis ini juga dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan bagi anak saat berbicara.
  4. Gangguan reseptif. Gangguan yang terjadi pada anak yang mengalami kesulitan untuk memahami atau memproses bahasa.
  5. Gangguan ekspresif.  merupakan gangguan yang terjadi ketika seseorang mengalami kesulitan untuk menyatukan kata-kata, kosa kata terbatas, atau ketidakmampuan untuk menggunakan bahasa dengan cara yang sesuai secara sosial.
  6. Gangguan komunikasi kognitif . Gangguan yang menyebabkan kesulitan untuk bicara karena masalah pada keterampilan komunikasi yang melibatkan ingatan, perhatian, persepsi, organisasi, regulasi, dan pemecahan masalah.
  7. Disfagia. Gangguan dalam cara seseorang makan atau minum, termasuk masalah dengan mengunyah, menelan, batuk, tersedak, dan menolak makanan.

 

Untuk mengenalinya lebih lanjut dan deteksi dini kondisi komunikasi si kecil dan orang yang anda kasihi, dengan terapi wicaraKlinik Rehabilitasi Medik RS Melania Bogor.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Klinik Rehabilitasi Medik di Rumah Sakit Melania Bogor. Untuk informasi  dah pendaftaran online hubungi : 0251 – 8321196 dan No WA 087778321196 atau Kunjungi halaman berikut ini .