RS MELANIA

EMERGENCY
(0251) 8321196
BERITA | ACARA




Mengenal Berbagai Penyakit Pada Jantung

22 September 2021

Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh kita. Jantung berfungsi memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, karena itulah sakit jantung umumnya berkaitan erat dengan masalah di pembuluh darah. Sebagai salah satu organ vital, tak jarang gangguan pada jantung pada akhirnya menjadi penyebab kematian. Gangguan pada jantung ada berbagai macam dengan penanganan yang berbeda-beda pula,

Mari kita kenali jenis-jenis penyakit jantung yang seringkali terjadi :

Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung ini terjadi ketika pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung mengeras dan mengalami penyempitan. Penyempitan ini menyebabkan aliran darah dan oksigen menjadi berkurang dan tidak dapat berfungsi normal. Apabila dibiarkan, kondisi ini dapat menimbulkan serangan jantung.

Serangan Jantung

serangan jantung terjadi apabila pasokan darah terhambat secara total dan menyebabkan sel-sel otot jantung mengalami kerusakan. Bila kerusakan semakin meluas, penderita serangan jantung dapat mengalami henti jantung secara mendadak.

Aritmia

Aritmia adalah gangguan irama jantung. Pada penderita aritmia, irama jantunya bisa terlalu cepat , atau terlalu lambat, atau tak beraturan. Hal ini dapat menyebabkan jantung tidak bekerja dengan baik. Aritmia umumnya tidka menunjukkan gejalan -gejala tertentu, namun penderita aritmia biasanya akan mudah lelah, nyeri pada dada, dan serasa ingin pingsan.

Kardiomiopati

Kardiomiopati merupakan kelainan pada bentuk dan kekuatan otot yang menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik. kardiopati ini biasanya karena kelainan genetik atau faktor keturunan. Selain faktor keturunan, kardiomiopati juga bisa terjadi akibat penyakit jantung koroner, gagal jantung, hipertensi, atau penuaan.

Gagal Jantung

Gagal jantung ini adalah kondisi jantung yang terlalu lemah untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga dapat menyebabkan jantung berhenti mendadak,dan bahkan dapat menyebabkan gagal hati dan gagal ginjal.

Penyakit Katup Jantung

Penyakit ini terjadi dimana kondisi katup jantung tidak bisa membuka dan menutup dengan sempurna, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan terganggu. Penyakit kelainan katup jantung ini bisa terjadi sejak lahir, atau dampak dari penyakit jantung lainnya, contohnya akibat dari penyakit jantung koroner , serangan jantung, atau kardipmiopati. Penderita ini biasanya tidak merasakan gejalan apapun dalam jangka waktu lama

Endokarditis

Gangguan pada jantung yang disebabkan oleh infeksi kuman pada jaringan ikat yang melapisi dinding dan katup jantung. Bakteri atau jamur yang menyebabkan endokarditis bisa masuk melalui luka pada tubuh atau luka di mulut. 

Tumor Jantung

Tumor jantung adalah pertumbuhan jaringan abnormal pada dinding jantung. Tumor dapat bersifat kanker (ganas) atau non-kanker (jinak). Tumor ini dapat tumbuh di dinding otot jantung atau lapisan pelindung jantung (perikardium). Apabila ukurannya semakin membesar otot ini bisa mendesak dinding jantung dan menyebabkan jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh.

Untuk mengenalinya lebih lanjut dan deteksi dini kondisi Kesehatan jantung anda, segera konsultasikan ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Melania Bogor.

Untuk konsultasi lebih lanjut dengan Dokter Spesialis, silahkan kunjungi Poliklinik spesialis jantung di Rumah Sakit Melania Bogor. Untuk informasi lebih lanjut hubungi : 0251 – 8321196 dan No WA 087778321196 atau Kunjungi halaman berikut ini .